Doa dan Ucapan Ulang Tahun Islami yang Bisa Kamu Jadikan Rekomendasi

Doa ulang tahun islami- Setiap orang akan mengalami ulang tahun, dan setiap orang mengiginkan pesta ulang tahun yang meriah.
Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin dewasa kita, kita akan menyadari bahwa pesta ulang tahun tidaklah penting.

Yang terpenting dalam ulang tahun adlah sebuah doa yang terucap untuk kita bukan sebuah pesta yang meriah, karena dalam islam hakikat ulang tahun adalah berkurangnya umur seseorang dan semkin dekat menuju kematian, bukan bertambahnya umur seseorang.

Ketika seseorang yang terdekat dengan kita entah ibu, ayah, atau teman sedang berulangtahun alangkah baiknya mengucapkannya dengan doa agar hidupnya menjdi lebih berkah.

Bacaan Doa Ulang Tahun

a). Doa Memohon Panjang Umur

Seiring berjalannya waktu umur sesorang akan berkurang, jatah hidup di dunia ini juga akan berkurang, kematian semakin dekat. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk berdoa memohon umur yang panjang.
Dan ketika ingin kita berdoa agar umur kita panjang ada doa khususnya yaitu :

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ


“ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskan lah rezeki kami. Dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”

b). Doa Memohon Kemuliaan Keluarga

Selain dianjurkan untuk berdoa memohon agar umurnya panjang, seseorang juga dianjurkan untuk berdoa memohon kemuliaan keluargnya.
Berikut bunyi doanya :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

“Ya Rabb kami, anugrahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang bertaqwa”

c). Doa Memohon Keselamatan dan Kesejahteraan

Doa lain yang dianjurkan untuk dipanjatkan saat berulang tahun yaitu doa permohonan untuk keselamatan dunia akhirat.
Kesejahteraan bisa berupa kesehatan tubuh, tambahan rezeki, tambahnya ilmu, juga nikmat iman.

Umat islam dianjurkan untuk membaca do’a ini termasuk ketika berulang tahun.
Berikut bacaan doanya :

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ


“Ya Allah kami mohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesehatan dalam jasad, dan tambahkanlah ilmu, berkah dalam rezeki, dan taubat sebelum maut, dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati “

d). Doa Memohon Agar Anak Menjadi Semakin Soleh dan Solehah

Doa ini sangat penting, karena doa ini bertujuan agar keturunan kita menjadi orang yang solih dan solihah.
Karena keturunan atau anak kita adalah aset berharga kita, kerena itulah kita diperintahkan untuk mendidiknya agar menjadi anak soleh-solehah hingga kelak mereka akan menjadi anak yang taat, agar ketika kita meninggal kelak mereka akan senantiasa mendoakan kita.

رَ بِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ رَسَمِيْعُ الدُّعَاءِ


“Ya allah berilah aku seorang anak yang baik di sisi-mu, sesungguhnya engkau maha pendengar doa (hambamu)”

e). Doa Memohon Rezeki yang Halal dan Baik

Setiap orang memiliki jatah rezeki masing-masing, sudah diatur sesuai dengan porsinya, namun yang paling penting bukan banyak sedikitnya tapi berkah atau tidaknya rezeki tersebut.

Kita sebagai umat muslim tidak hanya dianjurkan untuk berusaha mendapatkan rezeki tersebut hanya dengan bekerja, namun kita juga dianjurkan untuk memanjatkan doa-doa pemancing rezeki.

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pada-Mu rezeki yang halal, luas, dan baik, karena sesungguhnya Engkaulah yang maha berkehendak”

f). Doa Ulang Tahun Islami Untuk Teman

Ketika teman kita ulang tahun hendaknya kita mendoakan yang baik-baik.
Salah satu doanya yaitu :

باراك الله في عمرك

“Semoga Allah memberkahi umurmu”

Maksud dari doa ini adalah pengharapan agar seseorang yang ulang tahun tersebut diberi umur yang panjang dan berkah.

Hukum Mengucapkan “Barakallah fi Umrik”

Ketika seseorang terdekat kita atau saudara kita ulang tahun tak jarang kita menndengar atau bahkan kita sendiri mengucapkan kalimat doa yaitu Barakallah fii umrik, jika dia laki-laki maka menjadi Barakallah fi umrika, namun apabila dia perempuan maka berubah menjadi Barakallah fii umriki.

Lalu jika ada orang yang mengucapkan doa itu untuk kita, maka kita harus bagaimana menjawabnya? Kita bisa menjawabnya dengan Wa fiiki barakallah, yang memiliki arti semoga Allah juga memberkahimu. Bisa juga kita jawab dengan Jazakallahu koiron yang memiliki arti semoga Allah membalasmu dengan yang lebih baik.

Lalu bagaimana hukum mengucapkan barakallahu fi umrik?
Hari ulang tahun adalah hari spesial untuk seseorang.
Sebagai muslim yang baik, menunjukkan kepedulian dan membahagiakan seseorang merupakan tindakan yang dianjurkan dan tidak dilarang, namun tidak boleh mengadakan pesta. Jika hanya sekedar mendoakan maka diperbolehkan, bahkan dianjurkan.

Rasulullh Saw juga mengajarkan untuk saling memberi hadiah, sesuai hadist Rasulullah Saw :

“Rasulullah SAW biasa menerim hadiah dan beliau pun biasa membalasanya” (HR. Bukhari, no. 2585)

Maksud dari hadist tersebut adalah kita dianjurkan saling memberi hadiah dengan tujuan agar bisa mempererat hubungan persaudaraan antar sesama.

Jadi, dari pada sekedar mengucapkan Happy Birthday atau Selamat Ulang Tahun lebih baik menggantinya dengan doa, seperti Barakallahu fiumrik atau doa-doa yang lain.

Leave a Comment