Ini Dia 5 Hal yang Bisa Kamu Lakuin Selama Self-Quarantine

Saat ini seperti yang kita ketahui, penyebaran Covid-19  sangat cepat di negara kita atau di Indonesia.

Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yaitu Self-Quarantine dan Work From Home untuk karyawan. Self-Quarantine atau stay at home akhir-akhir ini juga disebut dengan #dirumah aja, dan untuk para karyawan dipekerjakan dari rumah, tujuan hal-hal diatas dilakukan adalah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini.

Selain kantor pemerintah juga mengeluarkan kebijakan belajar dari rumah sehingga sekolah dan universitas juga diliburkan dan menerapkan sistem belajar melalui video conferencing.

Maka alangkah baiknya jika kita mentaati peraturan pemerintah untuk #dirumahaja, karena dengan #dirumahaja kita bisa membantu pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan ini, jadi dirumah aja ya gaess. Tapi dirumah aja jangan membuat kita jadi malas-malasan atau justru jadi kaum rebahan, kita harus bisa produktif selama di rumah aja.

Mungkin bagi orang yang sudah terbiasa melakukan kegiatan di luar rumah akan merasakan kebosanan ketika dirumah terus-menerus tanpa melakukan apapun. Nah di sini kita akan bahas apa aja sih yang bisa kita lakukan selama quarantine ini?

Ini dia hal-hal yang bisa kamu lakuin selama #dirumahaja biar ngga bosen :

1. Yuuukk Berbenah Rumah

Hari-hari biasa kita disibukkan oleh segala kegiatan kita sehingga kita tidak punya waktu untuk berbenah rumah, mungkin pada mikir ah pasti capek beberes rumah.

Tapi tahukah kita kalau berbenah rumah tak selamanya hanya sekedar bersih-bersih rumah saja atau menata ulang ruangan, tapi berbenah rumah juga bisa membuat kita tahu barang mana yang bisa dipakai dan mana yang sudah tidak bisa dipakai lagi.

Dengan kita berbenah dan menata ulang barang sesuai kebutuhan, maka rumah kita akan terlihat lebih lenggang, rapi dan segar dari sebelumnya. Selain itu kita juga bisa mendapatkan uang dari hasil menjual barang yang menurut kita masih layak untuk dipakai tapi kita sudah tidak membutuhkannya lagi.

2. Membuat Kerajinan Tangan

Ya ini dia salah satu hal yang bisa kita lakukan selama self-quarantine, kita bisa mengasah bakat kreatif kita selama kita di rumah aja, agar waktu kita terisi. Salah satunya membuat dompet ajaib yang bisa membantu kalian mengurangi sikap boros berlebihan.

Caranya, kumpulkan barang-barang bekas yang tidak kalian pakai lagi seperti kadus susu, kain flanel, plastik, isolasi, dan gunting. Kelompokkan uang berdasarkan anggaran pengeluaran kalian. Misalnya, taruh uang Rp 200 ribu di kocek untuk menabung, Rp 200 ribu untuk keperluan penting dan Rp 100 ribu untuk jalan-jalan. Gunakan uang yang sudah kalian kelompokkan tanpa mengambil uang dari kocek lain. Selain kreatif, kita juga bisa belajar hemat.

3. Baca Buku dan Lihat Film

Karena kebijakan pemerintah terkait covid-19 ini, sekarang para pekerja diimbau untuk bekerja di rumah. Sekolah-sekolah juga diliburkan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Tapi, ketika  pekerjaan dan tugas kita sudah di setorkan dan dikumpulan di group chat, kita ngapain dong?

Ini dia solusi tepat untuk mengisi waktu luang kalian, yaitu salah satunya bisa dengan membaca novel atau membaca buku sejarah agar pengetahuan kita bertambah. Tapi, untuk sebagian orang yang tidak suka membaca bisa juga dengan melihat film agar terhibur dan tidak merasa bosan.

4. Yuuuk Memasak

Memasak adalah salah satu hal yang bisa membuat rasa bosan hilang. Jadi salah satu hal yang membuat mood mu bagus adalah dengan memasak.

Mulai sekarang cari resep membuat makanan dan cemilan di instagram maupun youtube bisa juga dengan mencari di google agar hari-harimu tidak membosankan walau di rumah saja.

5. Berbincang dengan Keluarga

Hari-hari biasa sebagian orang disibukkan dengan pekerjaan dan kegiatannya masingmasing sehingga waktu berkumpul dengan keluarga kurang atau bahkan nyaris tidak ada waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Dan waktu Quarantine ini adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga atau family time , mengobrol, memasak atau melihat film bersama keluarga adalah kegiatan yang sangat tepat untuk mengisi quarantine kali ini.

yukkk produktif walau di rumah aja 🙂

 

Leave a Comment