membaca al kahfi, surat al kahfi, al-qur'an, kartun muslimah

Ini Dia Keutamaan yang di Dapat Ketika Membaca Surat Al Kahfi

Keutamaan membaca al kahfi- Al Qu’an adalah satu kitab Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammd Saw.
Al Qur’an juga merupakan mukjizat besar nabi Muhammad Saw, percaya pada al Qur’an merupakan sebuah kewajiban bagi umat islam karena al Qur’an adalahh salah satu rukun iman dalam islam.

Membaca al Qur’an merupakan bentuk amal dan tawakal kepada Allah.

Surat al-kahfi adalah surat yang berada dalam juz 15 dan di awal juz 16, surat al kahfi merupakan surat ke 18 dalam al Qur’an, Al kahfi termasuk dalam surat makkiyah atau surat yang diturunkan di kota Mekkah.

Surat al kahfi bercerita tentang para pemuda penghuni gua. Surat ini terdiri dari 110 ayat.

 

kartun muslimah, kartun dakwah, kartun imut dan lucu, anime muslimah

Pentingnya Surat Al-Kahfi

Surat Al kahfi adalah salah satu surat yang ada dalam al-Qur’an yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi yang membaca, mempelajarinya juga yang mengamalkannya.

Rasulullah Saw menganjurkan bagi umatnya untuk membaca surat al-kahfi pada hari jum’at atau pada malam jum’at. namun sayang, pada akhir zaman ini banyak yang meninggalkan al-qur’an dan enggan membacanya.

Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam kitab Fiqh al Wadhih min Kitab wa al Sunnah menjelaskan bahwa membaca surat pada malam jum’at atau  al-kahfi adalah salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan.

Sebenarnya bukan hari jum’at saja melainkan juga bisa dilakukan setiap hari. Hal ini dianjurkan karena hari jum’at adalah hari baik bagi umat islam di seluruh belahan dunia.

Rasulullah SAW menganjurkan pada umatnya bahwa sebaiknya surat al kahfi dibaca pada hari kamis saat matahari mulai terbenam atau bisa juga pada pagi hari jum’at hingga saat matahari terbenam.

Kenapa sih membaca surat al kahfi itu sangat dianjurkan? Apa aja sih keutamaan-keutamaan membaca al kahfi? Ini dia keutamaan-keutamaan surat al-kahfi :

1. Dipancarkan Cahaya di Hari Kiamat

Keutamaan surat al kahfi yang pertama yaitu orang yang membacanya  dia dijanjikan akan dipancarkan baginya cahaya pada hari kiamat.

Seorang muslim yang membaca surat al kahfi pada malam jum’at atau pada hari jum’at Allah akan memancarkan cahaya untuk nya pada hari kiamat, sesuai sabda Rasulullah Saw :

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat Al kahfi malam Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul atiq” (HR. Al Hakim, Al Bihaqi dan Ad Darimi; shahih)

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ كَمَا أُنْزِلَتْ ، كَانَتْ لَهُ نُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi seperti saat diturunkan, maka ia akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat” (HR. Hakim dan ia mensahihkannya).”

2. Mendapat Petunjuk dan Bimbingan Allah

 

hadist rasulullah saw, hadist shahih, hadist tentang surat al kahfi, quote
h

Bahkan cahaya itu tidak hanya di hari kiamat, tapi juga akan diturunkan di dunia. Yakni mendapatkan petunjuk dan bimbingan Allah Swt.

Allah memberikan cahaya kepada orang-orang yang membaca surat al kahfi di malam jum’at hingga Jum’at berikutnya, seperi dalam sebuah hadist :

إِنَّ مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Sesunggunya barangsiapa yang membaca surat al-kahfi di hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jum’at (jum’at ini hingga jum’at berikutnya).” (HR. Hakim dan ia menshahihkannya).

3. Diampuni Dosanya Antara Dua Jum’at

Keutamaan surat al kahfi berikutnya adalah Allah akan memberikan ampunan pada orang yang membacanya pada hari Jum’at, sebagaimana di dalam hadist :

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ

 

يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan kepadanya cahaya dari kakinya hingga ke langit, cahaya tersebut akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan Allah akan mengampuni dosanya antara dua Jum’at” (HR. Ibnu Umar dalam kitab At-Targhib wa At-Tarhib).”

4. Selamat dari Fitnah Dajjal

Keutamaan surat al kahfi yang sangat menakjubkan adalah, apabila seseorang hafal 10 ayat pertama, maka Allah akan menyelamatkannya dari fitnah Dajjal, padahal fitnah Dajjal adalah seburuk-buruk fitnah akhir zaman.

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Barangsiapa hafal sepuluh ayat pertama surat al kahfi, maka (Allah) akan melindunginya dari Dajjal.” (HR. Muslim)

Di riwayat lain juga di sebutkan :

مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنَ الْكَهْفِ لَمْ يَخَفِ الدَّجَّالَ

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat pertama dari surat al kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Darimi)

Fitnah Dajjal merupakan fitnah akhir zaman yang paling besar. Rasulullah Saw sangat takut dan khawatir jika umatnya akan terkena fitnah Dajjal. Dengan menghafalkan sepuluh ayat pertama surat al kahfi insyaAllah kita akan selamat dari fitnah Dajjal.

5. Keutamaan Paling Utama Surat Al Kahfi : Sakinah

kartun muslimah, kartun dakwah, kartun imut dan lucu, anime muslimah

 

 

Seorang tabi’in pernah berkata bahwa dahulu ada seorang laki-laki yang membaca surat al kahfi di dalam rumahnya, sedangkan di halaman rumahnya terdapat hewan kendaraannya, hewan tersebut larat dan membuat laki-laki itu keluar dari rumahnya. Dilihatnya ada kabut atau awan yang menutupinya.

Ketika hal tersebut diceritakan kepada Rasulullah SAW, lalu beliau pun bersabda :

 

اقْرَأْ فُلاَنُ ، فَإِنَّهَا السَّكِينَةُ نَزَلَتْ لِلْقُرْآنِ ، أَوْ تَنَزَّلَتْ لِلْقُرْآنِ

“Bacalah terus wahai Fulan, sesungguhnya awan tersebut merupakan ketenangan yang turun saat engkau membaca Al-Qur’an atau turun kepada Al-Qur’an.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ingin menikah namun persiapan kurang matang? Bagi kamu yang ingin segera menikah namun masih ragu, kamu wajib order dan baca buku Ini.

Leave a Comment