macam-macam tempat beribadah lengkap dengan keterangannya

Apa kabar teman-teman? Kembali lagi dengan ngomongdikit.com. kali ini kita akan membahas tentang macam-macam tempat peribadahan di Indonesia. Mungkin ada yang udah tahu apa macam-macamnya? Yang belum tau yuuuuk cekidot.

1). Masjid

 

masjid turki, menar masjid, burung, langit
images by pixabay

Ada yang pernah ke masjid? Tempat ibadah yang satu ini pasti nggak asing di telinga para penganut agama islam. Ya, masjid adalah tempat beribadah orang muslim. Masjid merupakan tempat suci bagi para orang muslim. Ini dia masjid tertua di dunia:
a). Masjidil harom terletak di Mekkah. Adalah masjid tertua di dunia
yang membangun masjid ini adalah Nabi Ibrahim alaihissalam. Tahun berganti tahun kini masjidil harom telah berkembang dan direnovasi oleh orang-orang saudi.

masjid, langit, manusia
images by adobe stock from pixbay

b). Masjid al-aqsha yang terletek di jerussalem, palestina. masjid ini pernah menjadi kblat kaum muslimin. masjid ini adalah pokok inti dari kaum muslimin.

masjid, palestina, lahan tanah yng luas, langit biru
images by adobe stock from pixabay

 

c). Masjid quba yang dibangun pertama kali oleh  Nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke madina. Terletak di madinah.

Itu adalah 3 masjid terbesar di dunia.

2). Pura

 

 

pura, langit,matahari
images by adobe stock from pixabay

Ada yang pernah ke pura? Ya, pura adalah tempat beribadah orang yang beragama hindu. Pura bukan hanya tempat beribadah semata namun pura bagi orang-orang hindu adalah tempat suci seperti halnya masjid bagi orang-orang islam.
Pura dibangun di udara terbuka yang terdiri dari beberapa bagian atau lingkungan yang dikelilingi oleh pagar tembok. Masing-masing lingkungan dihubungkan dengan gapura atau gerbang dengan ukiran yang indah. Lingkungan yang dikelilingi tembok tersebut memuat beberapa bangunan seperti pelinggih yang berupa atap bersusun, serta bale.

3). Gereja

 

 

Gereja adalah tempat beribadahnya orang kristen protestan dan katolik. Memang kristen dan katolik berbeda, perbedaan ada di dalam akidah mereka.

4). Klenteng dan Vihara

 

 

Klenteng semula adalah tempat ibadah kepercayaan orang tradisional tionghoa yang sering di samakan dengan orang kong hu cu, maka klenteng dapat disamakan sebagai tempat ibadah kong Hu cu.Klenteng juga bisa disebut sebagai “bio” yang merupakan sebutan umum bagi klenteng di Cina.
Tapi banyak orang yang mengatakan bahwa vihara dan klenteng sama, mereka tidak ada yang bisa membedakannya. Perbedaan dasar vihara dan klenteng berbeda dalam hal arsitektur. Vihara berarsitektur lokal dan biasanya mempunyai fungsi spritual saja. Namun, vihara juga ada yang berarsitektur tradisional Tionghoa seperti pada vihara budhisaliran Mahayana yang memang berasal dari china. Klenteng pada dasarnya berarsitektur tradisional Tionghoa dan berfungsi sebagai tempat aktivitas selain fungsi spritual.

Sekian dari kami semoga bermanfaat.
Bukan bermaksud apa tapi hanya informasi belaka, terima kasih telah menyempatkan diri untuk membaca artikel saya.

Leave a Comment