Pengertian Akuntansi dan Sejarah Akuntansi Lengkap!

Pengertian Akuntansi dan Sejarah Akuntansi Lengkap!

 

lptop, kertas, papan kertas, notebook,bolpoin
images by rawpixel from pixabay

Sejarah akuntansi– Assalamualaikum sahabat Ngomongdikit.com, apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang sejarah akuntansi. Ada yang pernah belajar akuntansi? Pasti ada dong, apalagi yang sudah masuk ke jenjang SMA. Yang terbayang di benak kalian tentang akuntansi pastilah debet, kredit, saldo, neraca. Tapi di sini mari kita kupas tuntas tentang sejarah akuntansi.

Akuntansi pelajaran yang tak asing lagi di telinga para murid SMA apalagi mereka yang berada di jurusan IPS. Tak banyak orang mengetahui bagaimana sejarah asal mula pelajaran akuntansi. Maka dari itu saya di sini akan menjelaskan asal mula akuntansi, pengertian serta manfaatnya.

Pengertian Akuntansi

kalkulator, uang logam, kertas laporan keuangan
images by steve buissinne from pixabay

Sebelum memasuki sejarah akuntansi yuk cari tahu dulu apa itu akuntansi? Akuntansi atau accountant berasal dari bahasa perancis “compter” yang berarti untuk menghitung. Para ahli memiliki pendapat masing-masing tentang apa itu akuntansi, berikut menurut para ahli:

Abu Bakar A dan Wibowo (pakar akuntansi indonesia)
Menurut mereka akuntansi memiliki pengertian sebagai prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keungan dari suatu unsur atau organisasi. Maksudnya, akuntansi adalah sistem informasi yang mengakui dan mencatat transaksi keungan lalu di bentuk dalam laporan keungan. Lalu nantinya laporan tersebut berguna sebagai sarana laporan bagi pihak-pihak perusahaan dalam hal kegiatan bisnis dan keuangan.

Suparwoto L
Akuntansi adalah suatu teknik atau sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keungan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Pihak eksternal mencakup investo, kreditur, pemerintah, serikat buruh dan lain sebagainya.

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

American Institute of certified public accountant merupakan sebuah organisasi profesional khusus akuntan yang berada di Amerika Serikat. Akuntansi berdasar definisi dari AICPA adalah seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keungan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya. Artinya akuntansi merupakan seni mencatat, menggolongkan dan menyusun ikhtisar kejadian atau transaksi keuangan yang selanjutnya di sajikan dalam laporan keuangaan.

Dr. M. Gede

Akuntansi adalah suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara terus-menerus menurut aturan dan sistemnya, pengolahannya daan analisis catatan tersebut sehingga tersusun suatu laporan keuangan sebagai suatu pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan maupun lembaga terhadap kinerjanya.

Accounting Principle Board

Akuntasi adalah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang kemudian dapat digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi.

Jadi akuntansi bisa diartikan sebagai suatu teknik pencatatan secara terus-menerus berupa laporan keuangan sebagai bentuk pertanggung jawaban suatu organisasi atau suatu perusahaan terhadap pemasukan dan pengeluaran keuangan.

Sejarah Akuntansi Dunia

 

pasir, jam, angka
images by annca from pixabay

Pada tahun 1494, Fra Luca Bartolomeo de Pacioli (luca pacioli) seorang matematikawan dan biarawan fransiskan asal Italia yang juga dikenal sebagai Bapak Akuntansi memplubikasikan buku yang berjudul Summa de Aritmatica, Geometrica Proortioni et propotionallia dalam buku tersebut, terdapat subjudul “Tractus de Computies et Scriptoris” yang mengajarkan sistem pembukuan berpasangan. Subjudul inilah yang menjadi cikal bakal munculnya akuntansi.

Setahun setelah buku tersebut dipublikasi, akuntasi mulai diterapkan di Italia.
Seiring berjalannya, akuntansi mulai diakui sebagai disiplin ilmu tersendiri. Setelah perang Dunia II, pengaruh akuntansi semakin terasa di dunia barat. Bagi banyak negara, akuntansi merupakan masalah nasional dengan standar dan praktek nasional yang melekat erat dengan hukum dan aturan profesional.

Dari sistem ini, pembukuan dan laporan keuangan dapat disusun secara sistematis dan rapi karena dapat mengambarkan semuanya secara terperinci seperti laba, rugi, kekayaan, saham dan hak milik perusahaan.
Seiring berjalannya waktu, sistem akuntansi diberi nama sesuai nama orang yang mengembangkan unsur ilmu akuntansi atau ad yang juga dinamai dengan nama negara masing-masing. Seperti misalnya Anglo Saxon di Amerika Serikat dan Inggris serta sistem kontinental di Belanda.

Sistem Anglo Saxon kini paling banyak digunakan kenapa?, karena sistem Anglo Saxon dapat mencatat transaksi secara lebih mudah. Dan juga sistem anglo saxon menjadikan pembukuan terdapat dalam satu bagian akuntansi. Sedangkan sistem lain justru memisahkan antara pembukuan dan akuntansi, itulah kelebihan anglo saxon kenapa lebih banyak di gunakan.

Sejarah Akuntansi di Indonesia

Ketika Indonesia dijajah oleh penjajah Belanda, perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia menggunakan sistem Kontinental atau tata buku yang digagas oleh luca pacioli. Di dalam sistem kontinental dan anglo saxon meskipun sama-sama dari pembukuan berpasangan, tetapi di dalam sistem kontinental akuntansi berbeda dengan tata buku.

Tetapi setelah tahun 1960, akuntansi sengan sistem Anglo Saxon mulai diperkenalkan di Indonesia. Dan seiring berjalannya waktu sistem pembukuan di Indonesia yang awalnya Kontinental diganti jadi Anglo Saxon.

1). pada tahun 1957, peristiwa konfrontasi Irian Barat yang melibatkan Indonesia dan Belanda, sehingga berakibat pada seluruh pelajar yang berada di Belanda ditarik dan melanjutkan studinya diberbagai negara. Salah satunya adalah Amerika.
2). Penanaman Modal Asing (PMA) memberikan dampak positif terhadap perkembangan akuntasi, khususnya sistem Anglo Saxon.

Pada perkembangan berikutnya, akuntansi di Indonesia menerapkan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) sebagai upaya penyesuaian ekonomi terhadap kondisi global, peningkatan transparansi laporan keuangan, dan meningkatkan laporan keuangan yang lebih praktis dan mendetail di Indonesia.

Nah, itu dia sejarah Akuntansi di Dunia dan di Indonesia. Sudah tahukan sekarang gimana sejarahnya?.Terima kasih telah mengunjungi web kami, sekian dari kami semoga bermanfaat 😊.
Kami membutuhkan kritik dan saran anda, karena kritik dan saran anda akan membuat kami menjadi lebih baik lagi 😉.
Wassalamualaikum Wa Rohmatullahi Wa Barokatuh 😉

Leave a Comment