Pengertian Kambing Etawa beserta Ciri-Ciri Kambing Etawa Lengkap!

Pengertian Kambing Etawa beserta Ciri-Ciri Kambing Etawa Lengkap!

Kambing Etawa- Assalamualaikum teman-teman setia ngomongdikit.com selamat datang kembali di website kami. Kali ini kita akan membahas tentang kambing etawa. Tahukah kalian apa itu kambing etawa? Kalau belum tahu yoook cus simak sampai selesai.

Pengertian Kambing Etawa

Kambing etawa adalah kambing yang didatangkan dari india yang disebut juga kambing Jamnapari. Kambing ini memiliki ukuran yang berbeda dari kambing pada umumnya.
Kambing Etawa berasal dari Cakarnagar, Etawah, Negara Bagian Utara Prades. Kambing Etawa hidup di sepanjang daratan antara Sungai Jamuna dan Sungai Cambal, Negara di bagian Prades India. Kambing Etawa merupakan kambing perah yang dimanfaatkan susunya.

Ciri-Ciri Kambing Etawa

Bagaimana cara membedakan antara kambing biasa dan kambing etawa? Bagi orang yang berternak mungkin tau tapi bagi orang yang belum pernah melihatnya mungkin tidak tau bedanya. Tapi tenang di sini akan kita bahas ciri-ciri kambing etawa, yaitu sebagai berikut:
1. Tinggi kambing etawa jantan mencapai 90 cm-127 cm.
2. Tinggi kambing etawa betina hanya mencapai 92 cm.
3. Berat kambing etawa jantan mencapai 91 Kg.
4. Sedangkan berat kambing etawa betina hanya mencapai 63 kg.
5. Kambing etawa memiliki telinga panjang dan terkulai ke bawah.
6. Kambing etawa memiliki dahi dan hidung cembung.
7. Kambing etawa jantan maupun betina bertanduk pendek.
Kambing Etawa bisa menghasilkan hingga 3 liter susu dalam sehari tidak seperti kambing biasa yang hanya bisa menghasilkan susu kurang dari 3 liter per hari atau bahkan tidak menghasilkan susu sama sekali.

Kelebihan Kelebihan Kambing Etawa atau Kambing Jamnapari

susu, gelas, botol
images by enginakyurt from pexels

Apa sih kelebihan kambing etawa itu? Ini dia kelebihan-kelebihan kambing etawa:

• Kambing etawa mampu memproduksi susu dalam jumlah banyak.
Seperti yang telah dibahas di atas bahwa kambing etawa adalah kambing perah yang bisa menghasilkan susu dalam sehari sebanyak 3 liter. Inilah penyebab masyarakat berminat tinggi untuk berternak kambing etawa. Susu kambing etawa memiliki banyak manfaat diantaranya manfaat bagi kesehatan diantaranya memberikan gizi yang baik dan juga mampu mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi resiko stroke dan mengobati penyakit maagh.

• Kambing etawa memiliki postur badan yang tinggi dan besar
Selain dapat dimanfaatkan susunya, karena memiliki postur badan yang besar kambing etawa juga bisa dimanfaatkan dagingnya. Walaupun postur tubuh kambing etawa tinggi dan ramping tapi dagingnya bisa dikonsumsi.

• Kambing etawa merupakan Indukan yang bagus untuk disilangkan.
Kambing Etawa memiliki postur tubuh yang tinggi dan panjang. Oleh sebab itu kambing etawa sangat disukai peternak. Kambing Etawa sangat baik untuk dikawin silangkan dengan jenis kambing-kambing yang lain.

• Kambing etawa sangat diminati konsumen
Baik betina atau kambing etawa jantan sangat diminati konsumen. Karena kambing etawa memiliki postur yang panjang dan tinggi. Alasan inilah yang terkadang membuat konsumen memilih kambing etawa sebagai kambing kurban. Karena posturnya terkesan gagah dan besar. Seperti yang sudah di jelaskan tadi kambing etawa juga diminati konsumen karena bagus untuk kawin silang.

Bisnis Kambing Etawa

uang, dollar
images by pixabay from pexels

Berternak kambing etawa pada dasarnya hanya terdiri dari 3 aspek saja. Yaitu pengadaan kambing, pemberian pakan dan pelaksanaan. Jika kita bisa menjalankan tahapannya dengan baik, maka proses ternak kambing etawa akan berjalann dengan lancar.
Berikut ini penjelasan tahap-tahap berternak kambing etawa:

• Proses pengadaan bibit kambing etawa
Dalam proses pengadaan/pecarin kambing lebih baik kita membeli bibit dari para peternak yang sudah terpercaya dan profesional. Karena jika kita membeli bibit kambing etawa dari peternak yang terpercaya kita bisa mengetahui track record atau ekam jejak bagaimana pertumbuhan kambing yang akan kita budidaya tersebut.
Kambing Etawa yang bagus untuk digunakan sebagai penjantan yaitu kambing yang memiliki punggung lurus/tidak bengkok, postur tubuh yang tegak dan gagh, memiliki kaki yang kokoh, memiliki umur lebih dari 1,5 tahun dan tidak cacat.
Sedangkan bibit kambing etawa yang bagus secara umum adalah kaki lurus, jinak, berputing dua buah, bertubuh proposional dan simetris, tumit cenderung tinggi dan sehat secara jasmani dan rohani tidak cacat.

• pakan ternak kambing etawa
Pemberian pakan/makan pada kambing etawa tidak sama, beda satu sama lain. Harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi kambing tersebut dan biasanya gizi kambing etawa berbeda-beda menurut umurnya. Dan usahakan pakan tersebut mengandung vitamin, protein dan karbohidrat. Cari yang mudah di cerna serta yang mudah kita dapatkan dan jika bisa murah.
Sekarang peternak sudah banyak menggunakan produk pakan buatan yang mempunyai kadar zat yang lebih tinggi daripada rumput atau dedaunan biasa dan bisa kita sesuaikan dengan angka kebutuhan nutrisi kambing etawa. Untuk kebutuhan air, dapat diberi takaran 2 liter air per ekor setiap harinya. Dan jangan lupa tambahkan garam yang mengandung yodium.

• Prosedur pelaksanaan ternak kambing etawa
Di sini akan dibahas mengenai kandang yang sesuai standar kambing etawa. Standar utama untuk kandang kambing etawa adalah kebutuhan terhadap sinar matahari yang cukup, bersih, sedikit jauh dari rumah, dan terdapat ventilasi udara agar angin bisa masuk. Tujuan dari kandang harus terkena sinar matahari adalah untuk mencegah kotoran dan bakteri yang cepat tumbuh di sekitar kandang.

Apabila tingkat kebersihan kandang dan pola makan kambing etawa tidak diperhatikan maka kemungkinan kambing akan terjangkit cacingan dan terkena scabies/kudisan. Ketika masa panen telah lewat maka teruslah rawat kambing serta tingkatkan produksi serta budidaya. Karena semua bagian dari kambing akan tetap terjual baik itu susu, daging, kotoran, maupun kulit.

Biasanya, ketika kambing berusia 1,5 tahun berat badan kambing sulit untuk dinaikkan lagi. Maka ketika itu terjadi siasatilah untuk menjual kambing tersebut ketika penjualan kambing sedang naik daun. Karena dengan cara itulah kambing bisa terjual dengan harga lumayan.

Sekian tulisan dari saya semoga bermanfaat. Terimakasih telah menyempatkan diri membaca tulisan ini. Kami masih membutuhkan kritik dan saran anda 😉.
Wassalamualaikum Wa Rohmatullahi Wa barokatuh 😊.

Leave a Comment