Pengertian, Tujuan dan Faktor-Faktor Produksi, Kamu Harus Baca, Lengkap!!

Pengertian, Tujuan dan Faktor-Faktor Produksi, Kamu Harus Baca, Lengkap!!

Pengertian Produksi- pada setiap pemasaran pasti ada proses produksi dan juga konsumsi.

Tanpa adanya produksi maka tidak akan ada konsumsi.

Produksi merupakan tahapan awal dari sebuah proses pemasaran.

Orang yang mengerjakan suatu produksi disebut sebagai produsen.

Apa sih pengertian produksi itu? Kenapa harus ada proses produksi? Apa sih tujuan produksi itu?. Untuk tau lebih lanjut lagi yoook cusss kepoin.

Pengertian Produksi

Apa sih pengertian produksi itu?.

Produksi menurut para ahli :

Drs. Eko Harsono

Menurut beliau, pengertian produksi adalah setiap kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh manusia yang merubah suatu benda agar dapat dipergunakan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia agar kehidupan manusia bisa menjadi lebih baik lagi.

Hadiprojo dan Soedarmo

Menurut mereka berdua, pengertian produksi adalah proses untuk menciptakan atau menambah manfaat, bentuk, waktu, dan tempat atas faktor produksi sehingga dapat lebih bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Heizer dan Render

Menurut Heizer dan Render, Pengertian produksi adalah serangkaian kegiatan untuk menghasilkan nilai dalam bentuk barang atau jasa dengan mengubah input menjadi output.

Drs. Mohammad Hatta

Menurut Drs. Mohammad Hatta, Pengertian produksi adalah seluruh pekerjaaan yang menjadikan sebuah benda memiliki kegunaan, memperbesar kegunaan yang sudah ada dan membagikan guna itu diantara orang banyak.

Dari pendapat-pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan, pengerian produksi adalah suatu kegiatan yang dapat menghasilkan suatu nilai terhadap suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan oleh orang ataupun suatu badan (produsen).

Faktor-Faktor Produksi

Faktor produksi merupakan segala sesuatu yang sangat diperlukan dalam kegiatan atau aktivitas produksi terhadap suatu barang ataupun jasa.

Adapun faktor-faktor produksi yaitu :

  • Alam (natural resources)
  • tenaga kerja (labor)
  • modal (capital)
  • keahlian (skill) atau sumber daya pengusaha (enteurpreneurship)

Berikut penjelasan nya :

Sumber Daya Alam (SDA)

Adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam yang bisa dimanfaatkan untuk proses produksi.

Faktor produksi juga merupakan faktor utama dan asli. Faktor alam bisa berupa tanah, air, udara, sinar matahari, dan barang tambang.

Faktor Tenaga Kerja (SDM)

Faktor tenaga kerja dalam proses produksi merupakan faktor produksi yang penting karena tenaga kerja inilah yang menjalankan proses produksi.

Tenaga kerja di dalam sebuah perusahaan sangat berpengaruh terhadap kelancaran dari proses produksi dan mempengaruhi produk yang akan dihasilkan.

Menurut kualitasnya, sumber daya manusia dapat dibedakan menjadi tiga yaitu tenaga kerja terdiri dari 3 yaitu tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, serta tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih.

Faktor Modal

Faktor modal merupakan faktor penunjang yang bisa mempercepat serta menambah kemampuan dalam hal produksi.

Faktor modal tidak hanya berupa uang namun juga bisa terdiri dari mesin-mesin, sarana pengangkutan, bahan bangunan, dan jug alat pengangkutan,

Keahlian (Skill)

Faktor yang sangat penting dalam proses proses produksi.

Ketrampilan dan keahlian sangat penting untuk mengkoordinasikan dan mengelola faktor produksi dalam menghasilkan barang dan jasa.

Proses Produksi

Proses produksi adalah suatu hal yang harus dilalui dalam memproduksi suatu barang atau jasa.

Terdapat proses produksi yang membutuhkan waktu lama seperti pembuatan gedung pencakar langit, pembuatan pesawat terbang, dan pembuatan kapal.

Proses prduksi yang membutuhkan waktu sedikit contohnya, pembuatan makanan, laptop, kain, dan lain sebagainya.

Ada juga proses produksi yang bisa dinikmati secara langsung misal, hiburan, pijat, dan lainnya.

Proses produksi ada 4 yaitu :

a. Proses Produksi Pendek

Proses produksi pendek biasanya membutuhkan waktu yang cepat untuk memproduksi nya. Contohnya produksi makanan seperti pisang goreng, bakwan, dan berbagai makanan yang lain.

b. Proses Produksi Panjang

Produksi panjang membutuhkan waktu pengerjaan jangka panjang atau lama. Contohnya proses produksi menanam padi dan pembuatan bangunan.

c. Proses Terus Menerus

Proses produksi yang mengolah bahan-bahan secara berurutan dengan beberapa tahap dalam pengerjaan sampai menjadi suatu barang jadi.

Jadi, bahan tersebut melewati tahap-tahap melalui mesin secara terus-menerus untuk menjadi suatu barang jadi. Contohnya adalah proses memproduksi kertas, gula, tepung dan lain-lain.

d. Proses Produksi Berselingan/Intermitten

Proses produksi yang mengolah bahan-bahan yang terpisah menjadi barang yang bersatu.

Seperti proses pembuatan mobil, bagian-bagian nya dibuat secara terpisah lalu ketika akan membuat mobil bagian-bagian tadi di gabung menjadi satu seperti  kerangkanya, setir, ban, mesin, kaca, dan lain-lain.

Tujuan dan Fungsi Produksi

Suatu proses produksi memiliki tujuan yaitu :

1. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Setiap bagian masyarakat pasti memiliki kebutuhan untuk melangsungkan hidupnya.

Proses produksi bertujuan untuk menghasilkan produk atau menambahkan nilai guna suatu produk agar kebutuhan masyarakat tersebut dapat terpenuhi dengan baik.

2. Memperoleh Keuntungan

Setiap produsen mengharapkan adanya keuntungan dari setiap kegiatan produksi yang mereka lakukan. Karena mereka ingin modal awal mereka balik beserta keuntungannya.

Ketika produk yang dihasilkan disalurkan ke masyarakat melalui proses jual-beli, maka produsen mengharapkan mendapatkan margin keuntungan.

3. Meningkatkan Kemakmuran Masyarakat

4. Meningkatkan lapangan usaha

5. Meningkatkan nilai guna

Sekian, Semoga Bermanfaat 🙂

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 🙂

Leave a Comment