Lakukan Strategi Pemasaran Ini, 100% Bukan Abal-Abal!

Strategi Pemasaran-  Strategi pemasaran adalah hal paling penting yang perlu dilakukan dalam melakukan bisnis.

Ketika kita memulai bisnis maka sangat diperlukan untuk mempelajari dan mengetahui strategi pemasaran.

Karena ketika kita mengetahui strategi pemasaran yang tepat maka bisnis itu akan menjadi lebih maju.

Dengan melakukan strategi bisnis yang tepat maka bisnis yang kita jalani akan melaju dengan pesat dan tepat.

Pengertian Pemasaran Menurut Ahli

Beberapa ahli ada yang berbeda pendapat mengenai definisi strategi marketing, berikut ini pengertiannya :

1. Kotler Dan Amstrong

Menurut Kotler dan Amstrong, definisi dari pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan suatu nilai untuk mendapatkan keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

2. Kurtz

Menurut Kurtz, strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dar marketing seperti, produk, distribusi, promosi, dan harga.

3. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, strategi pemasaran merupakan suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, di mana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.

4. Tjiptono

Arti dari strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang saling berhubungan melewati pasar yang dimasuki, dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.

5. Stanton

Arti strategi pemasaran menurut Stanton yaitu, sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan sistem penjualan. Di mana sistem penjualan tersebut memiliki tujuan yaitu, merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (baik barang maupun jasa) yang dapat memuaskan konsumen.

Fungsi Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran mempunyai beberapa fungsi yaitu :

1. Meningkatkan Motivasi Untuk Melihat Masa Depan

Strategi Pemasaran bisa memiliki fungsi untuk memotivasi manajemen perusahaan agar berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda dn dengan strategi yang lebih tertata rapi.

2. Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif

Strategi pemasaran pada setiap perusahaan pasti berbeda dan memiliki caranya sendiri. Strategi pemasaran juga memiliki fungsi mengatur arah jalannya pemasaran sebuah produk di dalam sebuah perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif dan tepat sasaran.

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Strategi pemasaran juga memiliki fungsi untuk merumuskan tujuan sebuah perusahaan. Dengan adanya strategi pemasaran maka pelaku usaha akan merasa lebih terbantu untuk membuat detail tujuan yang akan dicapai, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran

Dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan akan memiliki prestasi kerja untuk para anggotanya. Dengan begitu, pengawasan kegiatan para anggota akan lebih mudah dipantau agar mendapatkan kualitas kerja yang lebih baik dan lebih efektif.

Tujuan Strategi Pemasaran

Secara umum, ada 4 tujuan strategi pemasaran yaitu :

  • Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran.
  • Sebagai dasar logis dalam mengambil sebuah keputusan pemasaran.
  • Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptassi bila terjadi perubahan dalam pemasaran.

Konsep Strategi Pemasaran

Kepuasan pelanggan adalah kunci utama dari konsep marketing strategy. Karena konsumen adalah raja maka dari itu kepuasan konsumen adalah hal yang paling penting dalam strategi pemasaran.

Di sini akan di bahas tentang konsep strategi pemasaran. Secara umum konsep strategi pemasaran ada 5 yaitu :

1. Segmentasi Pasar

Setiap individu pasti memiliki kebutuhan, kebiasaan, dan kepuasan yang berbeda. Oleh sebab itu, perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang mulanya bersifat heterogen diubah menjadi satu-satuan pasar yng bersifat homogen.

2. Market Positioning

Tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar. Itulah alasan mengapa perusahaan harus mempunyai polo spesifik agar mendapatkan posisi kuat dalam pasar, yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan.

3. Market Entry Strategy

Strategi pemasaran yang bisa masuk ke dalam segmen pasar tertentu. Adapun beberapa cara yang sering dilakukan oleh perusahaan agar menguasai segmen pasar tertentu yaitu :

  • Membeli Perusahaan Lain.
  • Internal Development
  • Kerjasama dengan perusahaan lain

4. Marketing Mix Strategy

Marketing Mix yaitu kumpulan dari beberapa variabel yang digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan para konsumen. Beberapa variabel tersebut terdiri dari :

  1. Product
  2. Price
  3. Place
  4. Promotion
  5. Participant
  6. Process
  7. And People Physical Evidence

5. Timing Strategy

Dalam pemasaran memilih waktu dalam melakukan pemasaran adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang matang di bidang produksi dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasaran.

Strategi Pemasaran

Ketika melakukan segala hal kita harus memiliki strategi agar semua menjadi lebih terarah. Begitu pula dengan pemasaran, pemasaran membutuhkan strategi agar produknya lebih di kenal luas oleh masyarakat.

Berikut beberapa strategi pemasaran :

1. Menggunakan Social Media

Social media adalah alat untuk memasarkan produk paling ampuh. Karena hampir seluruh penduduk permukaan bumi menggunakan social media dalam kesehariannya.

Dengan social media pemasaran produk suatu perusahaan akan lebih mudah penjualannya dan lebih mudah mengenalkannya ke masyarakat luas.

Dengan social media juga perusahaan bisa memilih untuk mengikuti sebuah komunitas untuk memasarkan produknya karena dengan begitu perusahaan tersebut memiliki sebuah peluang besar produknya akan terjual.

2. Menawarkan Produk Secara Gratis

Suatu hal yang gratis sangat sulit dan sayang untuk dilewatkan begitu saja, apalagi oleh sekelompok emak-emak.

Sebuah perusahaan bisa saja memilih event atau langsung menawarakan sample dan contoh gratis secara door to door kepada calon konsumennya. Jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka perusahaan bisa menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen mengetahui sebuah produk.

3. Memilih Tempat Strategis

Memilih tempat strategis untuk menjual suatu produk adalah hal yang sangat penting.

Karena ketika kita menjual produk kita ke tempat yang strategis di saat itulah kemungkinan penjualannya akan sangat tinggi.

Kriteria memilih tempat strategis ini juga harus menyesuaikan dengan target dan sasaran kita dan juga kemudahan orang dalam menjangkaunya.

Misal, ketika kita memutuskan untuk menjual suatu produk yang dibutuhkan anak kost atau makanan yang murah maka tempat yang tepat untuk mejual produk tersebut adalah di dekat kampus atau kost-kostan mahasiswa.

4. Memberi Insentif untuk Rekomendasi.

Suatu produk akan terlihat berkualitas dan dpat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya. Agar produk kita direkomendasikan oleh seseorang maka kita perlu meningkatkan kualitas dan meningkatkan layanan.

Agar orang lain memiliki testimoni yang baik terhadap produk kita maka kita harus memberi penghargaan berupa intensif kepada pelanggan kita, namun intensif tidak harus berupa uang bisa juga dengan pelayanan terbaik atau diskon.

Dengan adanya insentif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing,  yaitu pelanggan yang loyal dan calon pelanggan.

5. Menjalin Hubungan Yang Baik dengan Pelanggan

Pelanggan yang loyal adalah aset yang sangat penting bagi perusahaan. Karna pelanggan yang loyal akan membeli produk kita secara terus-menerus dan berulang kali.

Jika tidak ingin kehilangan pelanggan loyal, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya kita memberi penghargaan kepada para pelanggan yang loyal terhadap perusahaan dengan cara menaggapi masukan pelanggan maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan.

 

Sekian, Semoga Bermanfaat 🙂

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 🙂

 

Leave a Comment