Asbabun Nuzul Surat Al Quraisy, Arti, dan Isi Kandungan Surat Al Quraisy Lengkap!!

Asbabun Nuzul Surat Al Quraisy, Arti, dan Isi Kandungan Surat Al Quraisy Lengkap!!

Asbabun Nuzul dan Arti Surat Al Quraisy- Assalamualaikum Sahabat setia ngomongdikit.com. Kembali lagi di Web kami. Setelah kemarin kita membahas  arti surat al kafirun dan kandungannya kali ini kita akan membahas Surat Al Quraisy beserta kandungannya.

Siapa sih di sini yang nggak tau surat al-Quraisy? So, pasti udah tahu semua dong ya. Siapa yang udah tahu sebab-sebab diturunkannya surat al-Quraisy? Yooook cuss yang belum tahu kita bahas sama-sama di sini.

Bunyi Surat Al Quraisy

بـسم الله الرَّحمَنِ الرَّحِيـمِ

لِا يلَـفِ قُـريشٍ لا  (١

ا,لـفِهِم رِحلَةَ الشِّـتَاء وَالصَّيـفِ  (٢

فليَعـُبدُوا رَبَّ هذَا البَـيتِ لا   (٣

الَّذِي اَطْعَمَهُم مِن جُوعٍ لا وَا’مَنَهُم مِن خَوفٍ   (٤

Artinya :

Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

1). Karena kebiasaan orang-orang Quraisy

2). (Yaitu) kebiasaan berpergian pada musim dingin dan musim panas

3). Maka hendaklah mereka (orang-orang Quraisy) menyembah Tuhan (Rabb/pemilik) rumah ini (ka’bah)

4). Yang telah memberi makan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan memberi rasa aman kepada mereka dari rasa takut

qur'an, bunga, tangkai, meja, background
images by meen na from adobe stock

Asbabun Nuzul Surat Al Quraisy

Allah telah membinasakan ashabul fiil (para pasukan bergajah yang akan menghancurkan ka’bah) dan Allah telah memenangkan kaum Quraisy.

Orang Quraisy memiliki kebiasaan mengadakan perjalanan terutama untuk berdagang. Berdagang ke negeri Syam pada musim panas dan ke negeri Yaman pada musim dingin. Dalam perjalanan itu mereka mendapatkan jaminan dari penguasa negeri-negeri yang mereka lalui.

Jaminan keamanan itulah salah satu nikmat yang amat besar yang diberikan kepada mereka dari Tuhan mereka. Oleh sebab itu sudah seharusnyalah mereka menyembah Allah yang telah memberikan nikmat yang begitu besar terhadap mereka.

Allah swt telah memuliakan suku Quraisy. Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW : “Sesungguhnya Allah memuliakan kinanah di atas Bani Ismail, dan memuliakan Quraisy di atas Kinanah, dan memuliakan Bani Hasyim di atas Quraisy, dan memuliakan aku (Muhammad) di atas bani hasyim”.

berlian,berkilauan, latar belakang
images by adimas by adobe stock

Kemuliaan Suku Quraisy

Rasulullah SAW bersabda bahwasanya Allah menurunkan surat al-Quraisy 1-4 itu adalah cara Allah memuliakan kaum Quraisy atas kebiasaan mereka melakukan perdagangan pada musim dingin dan musim panas. Maksudnya adalah kebiasaan tersebut membuat mereka mampu hidup di saat musim-musim sulit di negeri dan negara lain.

Suku Quraisy pada saat diberitakan dalam Alquran, secara tak langsung telah mengenal kebiasaan mendatangkan barang (impor) dan mengirimkan barang (ekspor). Mereka telah melakukan kegiatan hubungan dagang internasional.

Pada Saat musim dingin (الشِّـتَاء) mereka pergi ke wilayah Yaman. Di Yaman kaum Quraisy mengambil barang dagangan berupa kain sutera, barang pecah belah, rempah-rempah, bahan kapur barus untuk dikirim ke Syam (sekarang Suriah) untuk di Jual di saat musim panas.

Sedangkan di saat musim panas (الصَّيـفِ) Kaum Quraisy mengambil barang dagangan di Syam berupa gandum untuk bahan membuat roti. Dan kaum Quraisy juga mengambil dagangan berupa buah untuk dibawa dari Syam ke Yaman untuk dijual.

Kaum Quraisy terkenal dengan dagangannya karena sudah turun-temurun. Kota Mekkah yang menjadi tempat tinggal suku Quraisy dijadikan semacam kota transit (lintas dagang). Karena hubungan perdagangan inilah sehingga Islam bisa menyebar hingga berbagai pelosok negeri.

Selain kemuliaan itu, dalam hadist lain disebutkan “Dari Anas RA bersabda: Para Imam (pemimpin) itu dari Quraisy. Jika mereka memerintah, mereka akan berlaku adil. Jika mereka berjanji mereka memnuhinya, jika mereka diminta belas kasihan mereka akan berbelas kasih. Siapa saja di antara mereka yang tidak berbuat demikian, maka dia akan mendapatkkan laknat Allah, laknat para malaikat, dan laknat seluruh manusia. Tidak dapat diterima taubat dari mereka dan tidak diterima pula tebusan (azab) dari mereka’.” (HR Bukhari dalam Al-Anbiya’, Abu Daud, dan Imam Ahmad).

Isi Kandungan Surat Al Quraisy

Peringatan kepada orang Quraisy tentang nikmat-nikmat yang diberikan Allah kepada mereka, perintah agar mereka menyembah Allah swt semata.

Kebiasaan orang Quraisy yaitu:

1). Kebiasaan orang Quraisy berpergian pada musim dingin dan panas.

    Penjelasan: Orang Quraisy biasa mengadakan perjalanan terutama untuk berdagang ke negeri Yaman pada musim dingin dan ke negeri Syam (Suriah) pada musim panas (dengan jalur perdagangan musim dingin , yaitu Mekkah- Thaif- Asir- Sari’adalah/ Yaman).

Perjalanan mereka yang paling utama adalah perjalanan ke Yaman pada musim dingin. Dalam perjalanan perdagangan mereka, mereka mendapat jaminan keamanan dari penguasa-penguasa dari negeri yang mereka singgahi/lewati ketika berdagang. Ini adalah suatu nikmat yang amat besar dari Rabb mereka kepada mereka. Oleh karena itu mereka harus dan mereka mempunyai kewajiban menyembah Allah.

2). Maka hendaklah mereka (kaum Quraisy) menyembah pemilik rumah ini (kakbah). ka’bah adalah rumah suci Allah yang sudah seharusnya kaum Quraisy dan umat muslim jaga. Dan diwajibkan untuk kaum Quraisy untuk menyembah sang pemilik ka’bah karena mereka telah diberi nikmat yag begitu besar.

3). Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan memberikan mereka (kaum Quraisy) rasa aman.

Maksudnya Allah sudah memberi mereka makanan untuk menghilangkan rasa lapar dan Allah telah memberikan rasa aman dari musuh-musuh mereka, maka mereka wajib menyembah dan bersyukur atas segala nikmat Allah terhadap mereka.

pasir,panas, langit biru, kayu, batu, gurun pasir
images by fransesco unggaro from pixabay

Kesimpulan

Kaum Quraisy adalah kaum yang begitu istimewa dan spesial karena mereka telah diberi kenikmatan yang begitu banyak. Lalu mereka juga diamankan dari rasa takut terhadap musuh-musuh yang mengancam mereka .

Kaum Quraisy adalah kaum  yang begitu istimewa hingga ada surat di dalam Al-Qur’an yang bernama Al Quraisy.

Kaum Quraisy juga diistimewakan dengan datangnya nabi terakhir dari kalangan merek.

Maka dari itu sudah sewajarnya jika Allah memerintahkan kepada Kaum Quraisy untuk menyembah hanya kepadaNya saja.

Yeeeeeayy Alhamdulillah pembahasan kali ini telah selesai. Terima Kasih telah menyimak hingga akhir :).

SEMOGA BERMANFAAT :).

Wassalamualaikum Wa rohmatullahi Wa barokatuh.

Leave a Comment