Cara Mengubah Format Video Dengan Mudah, Lengkap!!

Cara Mengubah Format Video Dengan Mudah, Lengkap!!

Cara Mengubah Format Video- Setiap perangkat memiliki cara untuk mengubah format video. Cara yang dilakukan pun berbeda-beda tergantung pada video dan perangkat yang digunakkan.

Banyak alasan kenapa format video. Tetapi banyak kita dapati alasan orang secara umum mengubah format video karena ukuran file video yang disimpan sangatlah memakan ruang penyimpan.

Maka dari itu banyak orang yang ingin mengubah format video agar ukurannya lebih kecil untuk menghemat penyimpanan perangkat.

Faktor Penentu Kualitas Video

Untuk mengubah format suatu video maka dibutuhkan untuk mengetahui faktor penentu kecocokan terlebih dahulu.

Berikut faktor penting yang perlu diketahui dan diperhatikan ketika akan mengubah format video :

A). Codec

Codec merupakan inti dari sebuah file video yang digunakan untuk disimpan dalam perangkat media digital. Codec jugalah yang menentukan bagus atau tidaknya kualitas dan ukuran suatu video.

Ketika memilih codec pastikan secara teliti agar tidak salah hasilnya, agar hasilnya sesuai harapan.

Ada banyak jenis model codec tergantung format videonya. Ada beberapa jenis codec diantaranya Xvid, Vidx, H.264 dan H.265.

B). Frame Rate

Video adalah kumpulan gambar yang ditampilkan secara berurutan setiap detiknya. Semakin tinggi nilai frame rate maka gerakan dan video akan menjadi semakin halus. Standart kualitas suatu video dikatakan bagus apabila berada pada rentan di atas 25 fps (frame per second).

C). Bit Rate

Merupakan sesuatu yang menunjukkan kecepatan data pada suatu video ketika video tersebut sedang diputar. Bit rate juga sesuatu yang sangat penting.

Jika sebuah player tidak bisa mengimbangi jumlah bit yang terdapat dalam suatu video, maka ketika video diputar tidak akan berjalan secara lancar. Semakin tinggi jumlah bit rate maka akan menghasilkan kualitas video yang bagus dan tidak mengecewakan.

D). Frame Size dan Aspect Ratio

Sebuah video biasanya berbentuk  frame atau kotak, dalam sebuah video panjang dan lebar/tinggi video inilah yang disebut frame size.

Sedangkan asppect ratio adalah hasil dari perbandingan ukuran panjang dan lebar/tinggi dari suatu video. Misal, sebuah video memiliki lebar 2000 pixel dan tinggi/lebar 1500 pixel, maka frame size dari video itu adalah 2000×1500.

Sedangkan untuk aspect rationnya adalah 4:3 yang merupakan hasil perbandingan dari 2000 : 1500. Jika semakin tinggi frame size suatu video maka ketajaman gambarnya akan semakin bagus.

Sedangkan aspect ratio memiliki fungsi menjaga ukuran video agar ukuran video tetap proposional walaupun video diputar di berbagai perangkat dengan lebar layar yang bermacam-macam.

Cara Gampang Mengubah Format Video di Android

Selain ingin mengubah format video, seseorang juga terkadang memformat video agar memiliki video yang berkualitas bagus dan agar memiliki ukuran file yang kecil.

Format video yang bagus salah satunya adalah H.264 pada mp4.  Terkadang seseorang ingin meng-upload video ke sosmed dengan kualitas bagus namun ukuran file nya kecil sehingga tidak menghabiskan banyak paket internet.

Kamu bisa menggunakan pengubah format H.264 pada kualitas tinggi dengan menggunakan aplikasi Video Format Factory, berikut langka-langkah penggunaannya :

  • Langkah pertama download aplikasi Video Format Factory di Play Store
  • Setelah selesai download lalu buka aplikasi klik ikon tambah (+) untuk menambahkan video dari penyimpanan.
  • Selanjutnya pilih format video. Jika ingin bagus hasilnya maka gunakan format factory premium atau pro version karena bisa mendapat lebih banyak ekstensi.
  • Jika ingin hasil video yang bagus maka pilih H264
  • Lalu langkah terakhir klik Convert, tunggu proses rendering selesai.

Dengan menggunakan aplikasi Video Format Factory yang semula video memakan tempat dan kuota hingga 1 GB bisa menghemat menjadi 300 MB.

Aplikasi ini sangat membantu untuk para pengguna perangkat elektronik terutama pengguna handphone android.

Sekian 🙂

Semooga Bermanfaat 🙂

 

 

 

 

Leave a Comment