Sejarah Pura Tamba Waras, Lengkap lho!!

Sejarah Pura Tamba Waras, Lengkap lho!!

Pura Tamba Waras– hai teman setia ngomongdikit.com. Kembali lagi di website kami. Kali ini kita akan membahas tentang pura. Taukan pura itu apa? Bukan pura-pura bahagia setelah dia tiada lho yaaa :v.

Kali ini kita akan membahas salah satu pura yang ada di bali, ya, sebut aja pura tamba waras. Asing? kalau masih merasa asing yookk cekidot baca sampe selese.

Letak Pura Tamba Waras

https://goo.gl/maps/wm4cQBcE7W32

Pura Tamba Waras terletak di lereng sebelah selatan Gunung Batukaru, tepatnya di Desa Sangketan, Penebel, Tabanan.

Pura ini terletak pada satu garis dengan pura Luhur Batukaru, pura ini terletak pada ketinggian sekitar 725 Meter dari Permukaan Laut (Mdpl). Untuk mencapai pura ini pemedek harus menempuk jarak sekitar 22 km dari ota Tabanan.

sejarah, latar belakang
images by enterline design from pixabay

Sejarah Pura Tamba Waras

 

Pura Tamba Waras didirikan sekitar abad ke-12, yang mendirikan adalah Raja Tabanan yaitu Cokorda Tabanan.

Asal mula sejarah pura tamba waras  adalah ketika itu Raja Tabanan Cokorda tabanan, sakit keras dan tidak ditemukan obatnya. Para abdi mencarikan obat sesuai dengan petunjuk gaib yng diterima, di mana akan ada asap sebagai petunjuknya. Setelah berjalan di dalam hutan Batukaru, dijumpai asap mengepul yang berasal dari sebuah kelapa di tanah di dalam rumpun bambu.

Setelah memohon di tempat  itu, didapatkanlah obat. Setelah obat tersebut diberikan dan diminum oleh raja, ternyata sang raja bisa sembuh dan sehat kembali. Di tempat itu kemudian dibangunlah tempat pemujaan dan diberi nama Tamba Waras.

Tamba dalam bahasa jawa artinya obat sedangkan, waras artinya sembuh.

pura, bali, langit, pohon, tradisi, tangga, sesajen
images by inspirock from google

Tradisi Pura Tamba Waras

 

Di Pura Tamba Waras ada tradisi unik yaitu pada saat piodalan yang bertepatan hari Buda Umanis Prangbakat digelar juga prosesi Melasti, ida Bhatara akan simpang (singgah) menuju pura Tanah Lot untuk mesandekan (istirahat) di beberapa pura yang dilaluinya seperti pura, Pura Puseh Desa Adat Kota Tabanan. Di Puseh Pentahan Desa Wanasari, Pura Pesimpangan Kuwuban Luhur Batukaru, Pura Desa Adat Demung dan Pura Dangin Bingin, butuh waktu 3 hari untuk menuju ke pantai.

 

Kesimpulan

 

Pura adalah tempat ibadah orang beragama hindu. Kita berada di Negara di mana ada beragam agama di dalamnya, kita diperintakan untuk saling toleransi, tidak menganggu agama lain.

Artikel ini hanya sebagai pengetahuan belaka.

Terima Kasih telah setia memngunjungi dan membaca artikel kami.

SEMOGA BERMANFAAT 🙂

Leave a Comment