Pengertian, Fungsi dan Tujuan Akuntansi Manajemen, Lengkap!!

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Akuntansi Manajemen, Lengkap!!

 Akuntansi Manajemen- Assalamualaikum bertemu lagi di web kami. Setelah kemaren kita membahas tentang akuntansi dan sejarahnya kali ini kita akan membahas tentang Manjemen Akuntansi.

Mungkin ada banyak orang yang menganggap kalau manajemen akuntansi itu nggak penting, banyak yang masa bodo dengan satu pelajaran ini. Perlu diketahui  bahwa pelajaran manajemen akuntansi itu begitu penting apalagi untuk orang yang bekerja di kantor atau perusahaan.

uang, tangan, meja, putih
imagres by fredomz from shutter stock

Pengertian Manajemen Akuntansi

1). Akuntansi Manajemen menurut Chartered Institute of Mangement Accountant

Manajemen Akuntansi atau bisa juga disebut  Akuntansi Manajemen adalah penyatuan bagian manajemen yang mencakup penyajian dan penafsiran informasi yang digunakan untuk perumusan strategi, akitivitas perncanaan dan pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi pengunaan sumber daya, pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar , pengungkapan kepada pekerja, dan pengamanan aset.

2). Akuntansi Manajemen Menurut Homgren

definisi akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran dan komunikasi tentang informasi yang membantu masing-masing eksekutif untuk memenuhi tujuan organisasi.

3). Akuntansi Manajemen Menurut Mulyadi

Akuntansi Manajemen merupakan suatu informasi keuangan yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen yang digunakan oleh pengguna intern suatu organisasi.

4). Akuntansi Manajemen Menurut Halim dan Supomo

Akuntansi Manajemen adalah kegiatan atau proses yang menghasilkan informasi dalam bentuk keuangan bagi manajemen untuk pengambilan sebuah keputusan ekonomi dalam menjalankan fungsi manajemen.

5). Akuntansi Manajemen Menurut RA Supriyono

RA Supriyono mengutip dari Management Accounting Practicesc (MAP) komite yang dibentuk oleh National Association of Acountants (NAA), bahwa akuntansi manajemen adalah suatu proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan data, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi finansial yang digunakan manajemen untuk sebuah perencanaan, evaluasi, pengendalian dalam suatu organisasi atau perusahaan, serta menjamin ketepatan pengunaan sumber dan pertanggungjawaban atas segala sumber tersebut.

6). Akuntansi Manajemen Menurut Darsono Prawironegoro

Akuntansi Manajemen serangkaian tindakan dan proses akuntansi yang bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja personal yang terlibat dalam organisasi dengan menggunakan ukuran kinerja keungan dan kinerja non keuangan. Selain itu akuntansi manajemen juga berguna untuk membuat strategi dan rencana jangka panjang.

7). Akuntansi Manajemen Menurut Hansen Mowen 

Akuntansi Manjemen adalah serangkaian sistem informasi yang menghasilkan keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan memprosesnya untuk tujuan khusus manajemen.

Proses tersebut dapat berupa pengumpulan (collecting), pengukuran (measuring), penyimpanan (storing), analisis (analysis), pelaporan (reporting) dan pengelolaan informasi (managing). 

Jadi, Akuntansi Manajemen adalah sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan pengunaan informasi akuntansi untuk memanajemen laporan keuangan suatu perusahaan atau organisasi agar output dan input keuangan perusahaan tersebut jelas.

seorang laki-laki, dompet, uang, laptop, meja, pohon
images by artem bali from pixabay

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Banyak orang yang menyimpulkan bahwa akuntansi manajemen dan manajemen  keuangan itu sama, memang sekilas mirip tapi sebenarnya berbeda.

Perbedaan utama antara akuntansi manajemen dan manajemen keuangan adalah terletak pada tujuan keduanya.

Jika pada Akuntansi Manajemen laporan keuangan akan ditujukkan untuk pihak internal perusahaan. Akuntansi Manajemen memiliki sajian data lebih detail dan terperinci dibandingkan dengan data akuntansi keuangan. Nantinya, laporan akuntansi manajmen akan diklasifikasi berdasarkan wilayah seperti pemasaran, departemen serta produk.

Jika pada Akuntansi Manajemen laporan keuangan ditujukkan pada pihak internal perusahaan, maka berbeda untuk akuntansi keuangan, karena akuntansi keuangan ditujukkan pada kepentingan eksternal perusahaan.

Akuntansi Keuangan ditujukkan ke kepentigan eksternal perusahaan seperti kreditor, investor, pemegang saham, serta beberapa pihak eksternal lain yang sama-sama memiliki kepentingn terhadap data laporan keuangan dari perusahaan tersebut. Akuntansi keuangan akan menyajikan data sebagian besar tidak seperti akuntansi manajemen.

sekertaris, meja, laptop, nolpen, tanaman, hp
images by firmbee from pixabay

Fungsi, Tujuan dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Setelah mengetahui perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, sekarang saatnya membahas fungsi akuntansi manajemen.

Fungsi, tujuan, serta ruang lingkup dari akuntansi manajemen terutama ialah penyajian data serta informasi penting yang masih ada kaitannya dengan data historis dalam melaksanakan proses manajemen.

Di antara proses manajemen itu adalah perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pengarahan serta penilaian kinerja. Manajer keuangan nantinya akan butuh informasi terkait aktifitas keuangan perusahaan, termasuk pendanaan modal kerja, beban biaya cost of fund terhadap modal kerja yang dibutuhkan perusahaan, tingkat pengembalian modal, investasi, rasio keuangan dan lain-lain.

Sementara itu, Manajer Produksi akan membutuhkan data seputar cost of good gold atau biasa disebut harga pokok produksi. Termasuk diantaranya ialah total biaya produksi, biaya per unit produk, biaya overheat, beban tenaga kerja dan lainnya yang termasuk dalam proses produksi.

Manajer Pemasaran akan butuh data seputar seluruh biaya komponen biaya yang terkait dalam penetapan harga jual suatu produk, penentuan sistem penjualan, beban komisi penjualan, marketing fee, hingga informasi nilai diskon bagi produk tertentu. Semua hal dari produksi-hingga distribusi, dari harga bahan produksi juga semua akan turut mempengaruhi peningkatan penjualan dan pastinya manajemen akuntansi sangat sangat berperan di sini.

Selain itu, pihak Top Manajemen akan butuh rangkaian informasi di atas dalam rangka pengambilan keputusan strategis bagi perusahaan, misalnya dalam hal penyusunan anggaran, diversifikasi produk, ekspansi usaha serta aneka kebijakan investasi lainnya.

Jadi, dapat dikatakan fungsi akuntansi manajemen adalah untuk menyiapkan data-data internal perusahaan yang akan sangat berpengaruh pada peningkatan volume penjualan perusahaan.

Sedangkan ruang lingkup akuntansi manajemen hanya terbatas pada internal perusahaan saja, tidak seperti akuntansi keuangan yang mengurus hingga ke bagian eksternal perusahaan.

calculator, kertas, bisnis,
images by alexander stein from pixabay

Tujuan Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen bertujuan menghasilkan informasi keungan untuk pihak manajemen. Jenis informasi yang diperlukan berbeda dengan informasi yang diperlukan pihak luar (Eksternal). Umumnya informasi yang dihasilkan bersifat mendalam dan tidak dipublikasikan untuk pihak luar.

Tujuan akuntansi manajemen secara umum :

  1. Menyediakan informasi yang diperlukan dalam penentuan harga pokok jasa, produk dan tujuan lain yang diinginkan oleh pihak manajemen.
  2. Menyediakan informasi yang digunakan dalam perncanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan. Informasi akuntansi manajemen membantu mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikannya, serta mengevaluasi kinerja. Jadi, informasi akuntansi manajemendibutuhkan dan digunakan dalam semua tahapan manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.
kalkulator,bolpen,kerts soal
images by stevepb from pixabay

Informasi Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen ditujukkan untuk menyediakkan informasi akuntansi yang akurat bagi manajemen yang dalam pelaksanaan fungsi pokoknya sangat memerlukan infomasi ini, terutama untuk perencanaan dan pengendalian bagi perusahaan.

Informasi Akuntansi Manajemen dibagi menjadi 3 tipe yaitu :

  1. Informasi Akuntansi Penuh (Full accounting information). Informasi akuntansi penuh dapat mencakup informasi yang akan datang dan mencakup informasi mengenai biaya, pendapatan dan aktiva. Informasi akuntansi penuh selalu dihubungkan dengan kesatuan usaha, produk atau departemen karena informasi ini digunakan untuk pelaporan informasi keuangan dan analisis kemampuan menhasilkan laba rugi suatu divisi atau bagian secara khusus, pada bagian inilah informasi akuntansi perusahaan yang berisi informasi masa lalu yang digunakan.
  2. Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban (Full Responsibility Information). Tiap manajer dalam organisasi merncanakan aktiva, pendapatandan biaya yang menjadi tanggungjawabnya di bawah koordinasi manajemen puncak dan menyusun program berdasarkan informasi akuntansi pertanggungjawaban. Informasi akuntansi pertanggungjawaban juga digunakan untuk mengamati pelaksanaan anggaran dan menilai seberapa jauh manajer melaksanakan rencananya.
  3. Informasi Akuntansi Diferensial (Differential accounting information). Informasi akuntansi diferensial mempunyai 2 ciri utama, pertama informasi akuntansi merupakan informasi masa yang akan datang. Kedua, informasi akuntansi merupakan informasi yang berbeda diantara berbagai macam alternatif yang dihadapi oleh berbagai keputusan. Informasi akuntansi diferensial ini sangat diperlukan pihak manajemen dalam pengambilan keputusan sebagai pemilihan alternatif tindakan yang terbaik diantara alternatif yang tersedia.

Tujuan dan Manfaat Akuntansi Manajemen Bagi Manajer

Melalui Akuntansi Manajemen perusahaan dan Manajer perusahaan mendapatkan manfaat. Berikut Manfaat akuntansi manajemen bagi manajer perusahaan :

  1. Peran akuntansi manajemen selanjutnya adalah membantu penyusunan perencanaan yang efektif. Rencana ini umumnya disebut pula sebagai penganggaran. Dalam setiap program bisnis tentu dibutuhkan perkiraan dana yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut secara terus-menerus. Oleh karena itu, tiap kegiatan bisnis harus disertai estimasi anggaran dana yang dibutuhkan. Anggaran dana ini sendiri biasanya akan disiapkan per tahun serta bisa saja tidak sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lain karena memiliki kebutuhan yang berbeda.
  2. Akuntansi Manajemen juga membantu proses pengawasan serta pengendalian. Dalam manajemen bisnis, sangat mungkin terjadi penyimpangan seperti manajemen operasional tak sesuai standar, pengeluaran dana bisnis di atas anggaran, kesalahan prosedur kerja dan lain-lain. Aneka hal di atas akan menyebabkan kegitan usaha menjadi tidak lancarserta berujung kerugian materiil. Proses pengawasan serta pengendalian sangat diperlukan agar hal-hal tersebut tidak terjadi. Akuntansi Manajemen sangat berpengaruh untuk pencegahan penyimpangan pada perusahaan.
  3. Tujuan akuntansi manajemen selanjutnya adalah sebagai acuan operasional atas usaha sehari-hari guna mendapatkan sistem kerja efektif dan efisien. Hal ini akan dapat terpenuhi dengan adanya akuntansi manajemen. Manajer memiliki kebutuhan konstan akan informasi yang disediakan akuntan dalam memimpin serta menjalankan operasional perusahaan. Ada banyak kegiatan operasional manajer yang menyandarkan program kerjanya agar tercapai pelaksanaan sistem kerja yang efektif, efisien dan tepat sasaran.
  4. Akuntansi Manajemen akan mempermudah proses pengambilan keputusan terkait penyelesaian masalah operasional perusahaan. Standar opersional prosedur yang diterapkan manajer umumnya tidak selalu berjalan mulus. Manajer perusahaan dituntut dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul agar kerugian yang diderita tidak terlalu signifikan. Caranya ialah mengambil keputusan yang tepat melalui informasi dari akuntansi manajemen. Tanpa informasi ini, manajemen dapat kesulitan menentukan keputusan yang tepat.
grafik, garis, akuntansi, manajemen
images by Lorenzo Cafaro from pixabay

Manfaat Akuntansi Manajemen Bagi Perusahaan

Selain menguntungkan manajer perusahaan, manfaat lain dari Akuntansi manajemen adalah bagi perusahaan sendiri secara keseluruhan.

Manfaat Akuntansi Manajemen bagi perusahaan:

  1. Menyediakan informasi keuangan relevan bagi perusahaan dalam pelaksanaan fungsi perencanaan. Akuntansi manajemen terutama memiliki fungsi utama dalam penyediaan data serta informasi keuangan berupa biaya serta anggaran apapun yang relevan terhadap kepentingan perencanaan manajemen.
  2. Makalah akuntansi manajemen sekaligus akan dapat menyediakan alat analisa yang bersifat kualitatif serta kuantitatif. Informasi dalam bentuk laporan tertentu akan membantu manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan masalah-masalah perusahaan. Akuntansi manajamen juga dapat digunakan sebagai bentuk umpan balik pada pihak manajemen perusahaan sehingga nantinya akan bermanfaat pada pemanfaatan sumber ekonomi perusahaan.
  3. Buku akuntansi manajemen bermanfaat pula dalam penyediaan informasi, terutama menyediakan informasi pihak eksternal dalam bentuk pelaporan usaha. Perusahaan takkan mungkin tidak berhubungan dengan pihak lain dalam urusan kelancaran usaha. Karena itulah, sebuah perusahaan akan perlu untuk menjadi anggota suatu asosiasi yang masih sesuai jenisnya dengan perusahaan tersebut.  Asosiasi ini tentu akan membutuhkan informasi tertentu yang terkait perusahaan anggota. Akuntansi manajemen memiliki tanggung jawab dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan itu.
  4. Adanya akuntansi manajemen juga akan bermanfaat dalam menyediakan informasi guna menetapkan pelaporan pertanggungjawaban masing-masing unit kerja serta manajerial perusahaan. Terutama dalam perusahaan besar yang umumnya akan terbagi dalam unit kerja serta manajerial yang lebih kecil. Fungsi dari adanya akuntansi manajemen ini adalah memudahkan pembagian kerja sehingga nantinya kegiatan usaha akan semakin berjalan lancar. Masing-masing unit kerja serta manajerial akan wajib membuat laporan pertanggungjawaban kinerjanya masing-masing. Informasi ini nantinya akan disusun serta disediakan bagian akuntansi dari unit kerja tersebut sesuai skripsi akuntansi manajemen.

Kesimpulan

Akuntansi Manajemen sangatlah penting bagi kita, apalagi dalam kehidupan perkantoran dan perushaan.

Alhamdulillah telah selesai pembahasan kita kali ini .

SEMOGA BERMANFAAT 🙂

Wassalmualaikum Wa Rohmatullahi Wabarakatuh 🙂

Leave a Comment