Ini Dia Macam Jenis Produksi yang Wajib Kamu Ketahui!!

Jenis Produksi- Setelah kemarin kita membahas tentang pengertian produksi dan fungsi produksi, kali ini kita akan membahas tentang macam-macam produksi.
Setiap perusahaan memiliki jenis-jenis produksi, apa saja sih macam produksi itu? Ini dia jenis produksi tersebut.

Jenis Produksi Menurut Prosesnya

Jenis proses produksi dibagi menjadi :

1). Proses produksi terus-menerus

Proses produksi ini adalah jenis produksi yang paling umum dan yang paling dasar. Proses produksi terus-menerus adalah sebuah teknik yang menghasilkan produk dari sebuah operasi ke operasi lainnya.
Jadi, jenis produksi yang satu ini tidak akan menumpukkan sebuah proses dalam satu waktu, jenis proses ini biasanya digunakan dalam perusahaan atau industri besar yang akan menyediakan hasil dalam jumlah yang lumayan banyak dalam satu periode, namun pada umumnya hasil dari jenis produksi tersebut masih bersifat rendah atau standar.

2). Proses produksi terputus-putus

Merupakan jenis proses produksi yang menggunakan dengagn mengumpulkan hasil tapi tidak secara terus-menerus. Proses ini biasanya digunakan oleh industri atau perusahaan yang menunggu beberapa komponen agar bisa diproses atau selalu bergantung dengan yang lain, jadi tidak bisa dilakukan secara bersamaan.

3). Proses produksi campuran

Proses ini adalah gabungan antara proses terus-mnerus dan terputus. Jadi, selalu disediakan sebuah usaha agar nantinya kapasitas industri tersebut selalu terpenuhi dengan baik.

Jenis-Jenis Produksi

Jenis produksi menerut macamnya yaitu :

1). Produksi Ekstratif

Produksi ini merupakan jenis produksi yang menggunakan kegiatan menggali, mengumpulkan serta mengambilsemua barang-barang yang bisa digunakan sbagai bahan produksi yang berasal dari alam. Misalnya, penangkapan ikan di laut, penggalian dan juga penambangan.

2). Produksi Agraris

Merupakan jenis produksi yang pola kegiatannya bertujuan agar bisa memanfaatkan tanah dan mengolah alam agar bisa memperbanyak barang jadi, serta menghasilkan barang-barang bermanfaat seperti peternakan, pertanian, perikanan dan juga perkebunan.

3). Produksi Industri

Merupakan jenis produksi yang memanfaatkan lapangan pekerjaan dan pengolahan bahan-bahan mentah lainnya yang bisa dijadikan sebagai barang yang jadi maupun setengah jadi, yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Produksi ini ada berbagai jenis industri bisa berupa, makanan, pakaian, semen, dan jenis lainnya.

4). Produksi Perdaganan

Perdagangan merupakan jenis produksi yang nantinya memiliki aktifitas di bidang pemindahan hak milik dari barang yang diperdagangkan dari produsen (penghasil) kepada konsumen (penikmat). Ini terjadi akibat adanya aktifitas jual beli yang biasanya dilakukan oleh berbagai perantara seprti dealer, pedagang kecil, distributor maupun grosir.

5). Transportasi atau Produksi Pengangkutan

Merupakan jenis yang diggunakan untuk mempercepat dan memperpendek jarak antara pembeli(konsumn) dan pedagang.

6). Produksi Jasa

Jenis produksi ini adalah produk yang tidak menghasilkan barang, melainkan memberikan pelayanan jasa terhadap kebutuhan masyarakat.

Leave a Comment