Pengertian Dan Tujuan Dakwah, Wajib Kamu Baca Dan Ketahui!!

Pengertian Dan Tujuan Dakwah, Wajib Kamu Baca Dan Ketahui!!

Dakwah- Akhir-akhir ini sering sekali kata “Dakwah” mampir di telinga kita.

Banyak masyarakat yang masih asing dengan kata ini bahkan ada yang phobia dengan kata ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa islam di pandang sebelah mata. Para pendakwah islam diberi gelar intoleran atau teroris dan mirisnya yang mengatakan itu dari kaum muslim sendiri.

Anggap saja orang yang bilang bahwa para pendakwah itu teroris adalah orang yang belum paham benar bagaimana ajaran islam itu.

Banyak juga di kalangan masyarakat yang islamophobhia atau sebut saja anti terhadap islam, dan hal itu disebabkan mereka selalu mendengar tentang islam itu teroris atau islam itu agama yang intoleran.

Tapi bisa juga disebabkan bahwa orang itu belum memahami bagaimana agama islam itu. Maka dari itu tugas para pendakwah adalah meluruskan presepsi masyarakat mengenai agama islam agar tak ada kesalahpahaman dan prasangka buruk terhadap ajaran islam.

Pengertian Dakwah

Dakwah kata yang tak lagi asing di telinga kita. Karena akhir-akhir ini banyak pendakwah yang viral karena dituduh yang tidak semestinya oleh pemerintah seperi Ustadz Abdul Somad, Ustadz felix siauw, Ustadz Adi Hidayat dan para pendkwah lainnya.

Lalu pengertian dakwah itu sendiri apa sih?

Dakwah berasal dari bahasa arab دعا- يدع- دعوة yang memiliki arti ajak, mengajak dan ajakan.

Maksudnya di sini adalah mengajak ke jalan yang benar atau mengajak beriman kepada Allah.

Dakwah (دعوة) merupakan masdar (kata benda) dari kata دعا- يدع yang berarti ajaka, seruan,panggilan.

Dakwah juga bisa berarti doa atau harapan, permohonan kepada Allah atau seruan.

Itu arti dakwah dari segi etimologi (bahasa).

Sedangkan arti dakwah dari segi terminologi atau istilah adalah ajakan seseorang kepada orang lain kepada kebaikan, kepada kebenaran atau kepada petunjuk Allah.

Dakwah bisa juga diartikan sebagai amar ma’ruf nahi mungkar yang berarti menyeru kepada kebaikan dan melarang pada keburukan, dengan tujuan agar mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat.

Menurut Ali Makhfud dalam kitabnya “Hidayatul Mursyidin”, dakwah adalah mendorong manusia untuk berbuat kebaikan dan mengikuti petunjuk (agama), menyeru orang lain kepada kebaikan dan mencegah dari perbuatan yang buruk agar memperoleh kebahagiaan dunia akhirat.

Berdasarkan pndapat-pendapat di atas arti dakwah bisa disimpulkan sebagai berikut :

  1. Dakwah adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang bersifat menyeru atau mengajak orang lai untuk mengamalkan ajaran agama islam.
  2. Dakwah adalah suatu proses menyampaikan ajaran islam yang dilakukan secara sadar dan disengaja.
  3. Dakwah adalah menyampaikan kebenaran yang bisa dilakukan dengan berbagai cara atau metode namun bukan dengan cara yang keras.
  4. Dakwah adalah penyampain suatu hal untuk mengubah pandangan hidup seseorang yang semula tidak sesuai agama islam menjadi lurus dan teratur sesuai dengan yang diajarkan agama islam.
unsur, puzzle, lengkap
images by 422737 from pixabay

Unsur-Unsur Dakwah

Ketika akan berdakwah maka harus ada unsur-unsurnya. Karena unsur adalah hal yang terpenting dalam berdakwah, karena tanpa unsur yang lengkap roda dakwah tidak akan berjalan dengan lancar.

Unsur-unsur dakwah yaitu :

1). Da’i

Da’i adalah orang yang berdakwah atau orang yang menyeru dan mengajak pada kebaikan menuju ridho Allah.

Da’i juga sering disebut sebagai mubaligh yaitu orang yang menyampaikan kebaikan, menyampaikan kebaikan agar selamat dunia-akhirat.

Perlu diketahui bahwa Da’i itu manusia yang bisa salah jadi ketika seorang da’i membuat kesalahan jangan menyalahkan dia atau men-judge dengan berkata “dai kog salah gimana sih” karena kata seperti itu bisa membuat seorang da’i menjadi down dan tak mau menyampaikan kebaikan lagi.

Bisa Menjaga sikap dan akhlak pada siapapun adalah keharusan seorang da’i. Karena menjadi Da’i harus memiliki stok sabar yang lebih.

2). Mad’u (Mitra Dakwah )

Maksudnya mitra dakwah adalah orang yang akan menjadi sasaran dakwah.

Yang menjadi sasaran dakwah adalah mereka yang telah jauh dari ajaran islam atau orang yang dia itu tersentuh oleh kebudayaan asli daerah yang menyimpang dari agama islam.

Karena dengan berdakwah dengan mad’u bertujuan agar mereka berubah dan kembali ke jalan Allah.

3). Maddah (Materi Dakwah)

Ketika seorang pendakwah akan berdakwah seharusnya memiliki materi yang akan dia sampaikan.

Dan Maddah yang disampaikan tidak boleh menyimpang dari ajaran islam.

Karena berdakwah itu tujuannya untuk menyebarkan agama islam bukan ajaran yang sesat.

4). Wasilah (Media Dakwah)

Adalah alat yang menjadi perantara dakwah.

Ketika berdakwah banyak wasilah yang bisa digunakkan seperti dahulu zaman walisongo yang menggunakan wayang sebagai alat dakwahnya agar dapat mudah diterima oleh masyarakat sekitar.

Menurut Hamzah Ya’qub media dakwah dibagi menjadi lima yaitu : lisan, tulisan, lukisan, audio visual, dan akhlak.

Dengan memiliki akhlak yang baik kita bisa berdakwah lebih mudah dengan cara memberi contoh akhlak yang mulia kepada masyarakat dalam diri kita.

5). Thoriqoh (Metode Dakwah) 

Yaitu tata cara kita menyampaikan dakwah agar sampai tujuan yang kita inginkan.

Contohnya dengan membentuk halaqoh atau pengajian para pemuda.

6). Atsar (Efek Dakwah)

Setiap yang kita lakukan pasti akan menghasilkan efek atau hasil begitu juga dakwah.

Ketika kita berdakwah lalu ada perubahan dalam diri seseorang setelah apa yang kita dakwahkan itu skan membawa kebahagiaan sendiri dalam diri kita.

Efek dari dakwah itu membutuhkan proses maka dari itu kita diwajibkan bersabar atas proses tersebut.

 

kuci, meja
images by congerdesign from pixabay

Tujuan Dakwah

Setiap yang kita lakukan pasti memiliki tujuan, seperti misalnya kita belajar dengan tujuan agar memiliki pengetahuan yang luas.

Begitu juga Dakwah, Dakwah memiliki tujuan yaitu :

  • Mengajak umat manusia (seluruh umat entah itu beriman atau tidak) kepada jalan yang benar dan diridhoi oleh Allah agar bahagia dunia dan akhirat.
  • Mengajak umat islam agar lebih meningkatkan taqwanya kepada Allah.
  • Mengajarkan dan mendidik anak-anak agar tidak menyimpang dari pergaulan. Agar tahu mana yang baik dan buruk.
  • Menyelesaikan segala persoalan yang ada dalam masyarakat.
  • Mengajak kepada jalan kebenaran dan kebahagiaan yang hakiki.

Inti dari tujuan dakwah adalah mencapai ridho Allah atas proses dakwah yang terjadi. Di mana sasaran dakwah tidak hanya umat islam saja nama juga orang kafir, yang di mana kita akan mendapat cacian jika kita berdakwah pada mereka, namun itulah resikonya besar namun setimpal juga dengan pahalanya yang tak kalah besar.

Inti dari dakwah adalah amar ma’ruf nahi mungkar yaitu yang bertujuan merubah sesuatu yang tidak baik menjadi baik , memerintahkan yang baik dan melarang yang buruk.

Jadi, jangan pernah berhenti untuk berdakwah kepada siapapun walau pahit namun nanti di akhir dia akan terasa manis.

قل الحق ولو كان مرا Katakan Kebenaran Walau Itu Pahit

Terkadang menasehati teman itu suatu hal yang sangat sulit karena terkadang kita sungkan mengingatkan kebaikan kepadanya. Tapi ingat teman yang baik adalah yang mau mengingatkan teman lainnya ketika dia salah dan dia yang selalu menegur ketika kita salah bukan mereka yang mendiamkan kita ke dalam lubang lumpur penuh dosa.

Sekian

Semoga Bermanfaat 🙂

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh 🙂

 

Leave a Comment